July 05, 2010

Kawasan Mandiri

Setelah Jakarta booming dengan pembangunan apartement bersubsidi di seluruh wilayah, kini timbul pertanyaan baru yang menggelayut, yaitu apakah kawasan hunian itu akan menjadi kawasan mandiri? Selayaknya memang demikian. sebuah kawasan mandiri sangat diperlukan untuk sebuah kota yang super sibuk seperti Jakarta. Ditambah lagi dengan carut-marutnya pola tranportasi yang jauh dari ideal, mobilitas yang tinggi pada Jakarta sudah tidak dapat lagi di tampung oleh wilayah yang sudah sangat padat ini.
Kawasan mandiri yang dapat berdiri sendiri ini selayaknya bisa diterapkan pada beberapa apartement bersubsidi yang sebagian sudah terisi penuh tersebut. Bertempat tinggal, bekerja dan berhibur harus dapat disediakan oleh kawasan ini, atau minimal sudah terintegrasikan kepada wilayah sekitarnya.

TOKYO MIDTOWN
picture from http://www.mitsuifudosan.co.jp/


Dalam dunia arsitektur, kawasan mandiri ini banyak sebutan. seperti superblok, megablok, atau township dan juga mix-used. intinya adalah sebuah solusi untuk urban design yang dapat menghemat tempat dan waktu untuk beraktifitas. Karena pada kawasan mandiri diharuskan memiliki unit hunian, perkantoran, perbelanjaan, dan tempat rekreasi keluarga. Dan semua itu saling terintegrasi dan bisa di akses hanya dengan berjalan kaki. Dan sebagai penyempurna harus ada pula sekolah dan rumah sakit.
Contoh superblok yang sedang hangat dibicarakan saat ini yaitu Tokyo Midtown. Ini adalah contoh sebuah kawasan mandiri yang terbilang berhasil membuat sebuah sub-kota yang nyaman dan efisien. Lihat pembahasan ini oleh Kompas dan arsitek Ridwan Kamil pada minggu 4 Juli 2010. Berdiri di lahan yang hanya seluas 8 hektar, tetapi dapat menggabungkan seluruh kebutuhan manusia untuk bertempat tinggal, bekerja dan berekreasi.

SUMMARECON BEKASI
picture from http://www.raywhitegading.com/


Di dalamnya terdapat apartemen, perkantoran, rumah sakit, hotel, dan sarana rekreasi keluarga. Contoh superblok tertua di Jakarta dan terus berkembang sampai sekarang adalah SCBD dan Mega Kuningan. Dan proyek baru yang bertemakan township juga akan dihadirkan oleh Summarecon Agung di Summarecon Bekasi. Dengan membidik pada pasar menengah atas, Summarecon Bekasi berharap township ini akan berhasil dengan ideal menjadikan kawasannya nyaman dan efisien. Dan kita juga berharap dapat mengendalikan perpindahan menyilang penduduk Bekasi untuk beraktifitas setiap hari ke Jakarta. Jika ini terjadi, maka ketergantungan warga kota untuk bepergian dengan kendaraan yang boros energi akan berkurang.
Semoga.


1 comment:

Post a Comment