June 25, 2010

Air Laut Untuk Konsumsi

Masih ingat dengan krisis air bersih yang dialami Jakarta beberapa waktu yang lalu? Krisis kemarin hanya berlangsung +/- 3 hari saja, tetapi ribuan orang Jakarta sudah sibuk mencari sumber air lain untuk mandi dan keperluan rumah tangga. Lalu bagaimana bila krisis terjadi hingga berbulan-bulan bahkan menjadi permanen?

Operator pam di Jakarta sudah mencari alternatif sumber air baku lain untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Jakarta. Hal ini untuk mengantisipasi kejadian seperti di waduk Jati Luhur kemarin. Maka, mereka mulai melirik kepada air baku di kanal banjir timur, tetapi menurut informasi, mereka terkendala dengan debit air yang kurang sesuai dan pemetaan peruntukan lahan yang tersedia.

Lalu apa alternatifnya?
AIR LAUT !! Ya, Indonesia dikelilingi oleh lautan luas. Ini bisa dijadikan sebagai sumber air baku untuk konsumsi rakyat Indonesia, bahkan bisa dijual kepada negara-negara kering di belahan dunia sana. Karena di masa mendatang, tidak hanya gas dan minyak bumi saja yang sudah langka. Tetapi ketersediaan air bersih pun mulai mengancam penduduk dunia.
Hal ini sudah mulai dilaksanakan oleh PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk. Target awalnya adalah untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Ancol. Tetapi tidak menutup kemungkinan akan didistribusikan juga kepada warga sekitar. Dan upaya serius ini sudah mendapat dukungan dari Bang Foke, walau mendapat keberatan dari operator pam yang selama in menyuplai kebutuhan air bersih disana.
Sebenarnya ini bukan teknologi baru, tetapi ini adalah teknologi mahal, kira-kira perlu lima kali lipat dibanding dengan mendapatkan air tawar dari sumber biasa di daratan. Walaupun sudah lama dipakai oleh Arab Saudi, Kuwait, Uni Emirat Arab dan Bahrain.


picture from pawan environ


Secara singkat, teknologi yang diterapkan adalah dengan menyaring air laut secara reverse osmosis (RO), dilaksanakan dengan memberikan tekanan terhadap air laut, sehingga memaksa dari molekul-molekul air murni menembus suatu membran, sedangkan sisanya berupa garam larut, bahan-bahan organik, bakteri akan ditolak (rejeksi). Osmosis balik ini dioperasikan secara kontinyu. Kemurnian air yang dicapai hingga 99% dan tingkat produksi yang tinggi. RO merupakan cara paling murah untuk menawarkan pemurnian air laut. Keuntungan metode ini adalah kemurnian air yang dihasilkan bagus, menghemat tempat,dan menghemat energi.

No comments:

Post a Comment